Obeng merupakan salah satu alat yang kerap digunakan untuk melepas dan mengencangkan sekrup. Alat ini sangat mudah dijumpai di rumah maupun di bengkel. Obeng juga terdiri dari berbagai jenis. Setiap jenisnya memiliki satu fungsi. Nah berikut merupakan jenis-jenis obeng dan fungsinya yang wajib dimiliki seorang bikers.

Obeng Plus (Kembang)

Jenis obeng ini lebih dikenal dengan obeng kembang yang memiliki ujung mata berbentuk silang. Fungsinya sendiri adalah untuk memutar kepala sekrup yang berbentuk plus. Obeng jenis ini memiliki ujung mata yang lancip dan tumpul. Masing-masing jenisnya dapat digunakan sesuai dengan bentuk dan ukuran sekrup.

Obeng Pipih (Min)

Obeng min merupakan jenis obeng yang memiliki ujung berbentuk pipih tipis. Fungsinya sendiri adalah untuk memutar kepala sekrup yang berbentuk min (-). Meski demikian, tak jarang pula orang memanfaatkan jenis obeng ini untuk mencongkel bagian benda yang hendak dibongkar dengan memasukan ujung obeng di antara celah benda yang hendak dibongkar.

Obeng Ketok

Cara kerja obeng ketok sendiri adalah dengan memukul bagian ujung batangnya dan mata obeng akan berjalan sesuai dengan yang diinginkan. Jenis obeng yang satu ini sering kali digunakan untuk sekrup yang memiliki momen kekencangan yang kuat. Obeng ketok biasanya digunakan untuk melepas sekrup yang berada di blok mesin yang tidak bisa diputar dengan obeng biasa.

Obeng Shock

Obeng shock merupakan jenis obeng yang memiliki banyak mata dan dapat diganti sesuai dengan penggunaannya. Umumnya mata obeng ini selalu tersedia dalam satu set. Sama halnya dengan jenis obeng lainnya, obeng shock juga digunakan membuka dan memasang sekrup. Hanya saja jenis obeng ini bisa digunakan untuk berbagai bentuk kepala sekrup.

Obeng Magnet

Obeng magnet merupakan jenis obeng yang dilengkapi dengan daya magnet di bagian ujungnya. Fungsinya untuk menjangkau sekrup yang terselip dan tidak bisa dijangkau dengan tangan. Bila Anda melepas sekrup di lubang yang cukup dalam, dan sekrup jatuh ke celah yang cukup sempit. Gunakan obeng magnet ini untuk membantu menjangkaunya.

Nah itu dia beberapa jenis-jenis obeng dan fungsinya yang wajib dimiliki oleh seorang bikers. Jenis-jenis obeng di atas dijual bebas di pasaran dengan keunggulan, fitur, dan kegunaan yang berbeda. Meski perkakas yang satu ini terbilang cukup sepele, namun obeng memiliki peranan yang cukup penting.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *