Melihat tingginya permintaan masker, tidak bisa dipungkiri jika terkadang harga yang ditawarkan bisa naik tajam. Hal ini terkadang menjadi faktor seseorang enggan beli dan pakai masker. Bahkan tidak sedikit yang bertingkah konyol hanya untuk cari alternatif masker. Agar tidak seperti itu, Anda bisa buat masker kain sendiri dengan mudah. Berikut ini adalah salah satu cara bikin masker jahit cepat dan praktis yang bisa Anda coba.

Berikut Adalah 4 Langkah Membuat Masker Dari Bahan Kain Yang Bisa Anda Ikuti

1. Sediakan Bahan Untuk Pembuatan Masker

Masker dari kain dianjurkan oleh pemerintah karena mudah didapat dan dibuat. Untuk buat masker ini, bahan yang dipakai pun tidak sulit ditemukan. Anda bisa gunakan kain perca untuk sisi luar, kain katun untuk bagian dalam, karet atau tali elastis, jarum, benang, gunting dan juga pola. Anda bisa dapatkan pola (pola berbentuk seperti dua cangkang kerang) dengan cara unduh dari internet atau buat sendiri pada kardus bekas atau karton.

2. Potong, Lipat dan jahit kedua Kain Sesuai Dengan Pola

Setelah dapat pola, lakukan pemotongan kain sesuai dengan pola yang dipakai. Lebihkan ukuran sedikit sekitar 1,5 cm pada sisi samping dan 0,7 cm pada atas dan bawah. Setelah mendapat dua bagian masker kain (bagian kanan dan kiri), tumpuk kedua bagian tersebut dan jahit pada bagian tengah atau bagian berbentuk ā€˜Vā€™. Lakukan langkah ini pada kedua bahan kain yang akan digunakan.

3. Jahit Dan Satukan kedua Kain Sesuai Pola Masker

Setelah bagian ā€˜Vā€™ telah terjahit, satukan kedua kain dengan menjahit pada setiap bagian pinggir masker secara manual. Pastikan Anda posisikan kedua bahan pada posisi yang sama dan tepat. Jika perlu gunakan jarum pentul agar kedua kain tidak bergeser. Jahit sekeliling kain tersebut dengan kuat sesuai bentuk pola masker, namun sisakan bagian sampingnya. Setelah itu, lipat sedikit bagian samping dan jahit seakan Anda buat kolong.

4. Pasang Karet Atau Tali

Pada langkah ini, pastinya Anda sudah mendapat bentuk dasar masker bahan kain. Sekarang saatnya untuk memasang karet atau tali elastis pada masker kain yang Anda buat. Jika pakai tali kain, normalnya Anda bisa pakai tali sepanjang 33 cm. Jika gunakan tali karet, maka pastikan panjang sudah disesuaikan dengan ukuran wajah. Pasang tali dengan memasukkan pada lipatan atau kolong yang sudah dibuat, ikat dan jahit jika perlu.

Itulah empat langkah yang bisa Anda terapkan saat akan buat masker dari bahan kain dengan mesin jahit. Agar hasil lebih baik, Anda bisa dapatkan pola dari internet. Yang harus dilakukan cukup mudah, hanya ikuti pola untuk dapatkan ukuran dan model masker yang diminta. Kemudian, jahit dengan kuat setiap bagian dan sisi. Kemudian, buat tali masker dengan karet pada setiap ujungnya. Mudahkan? Silakan Anda coba sendiri cara ini.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *