Hampir semua laptop dan komputer keluaran terbaru telah dipasangi dengan Windows 10. Namun, tahukah Anda bahwa tak semuanya memiliki lisensi resmi alias menggunakan Windows 10 bajakan? Selain melanggar hak cipta, Windows 10 bajakan ini tentu performanya tak sesempurna yang asli. Jika penasaran, Anda bisa cek keaslian Windows 10 di laptop Anda dengan cara berikut ini.

Cara Mengecek Keaslian Windows 10

Jika Anda ingin mengecek keaslian Windows 10 yang terpasang di laptop atau komputer Anda, caranya cukup mudah kok. Anda sama sekali tak memerlukan aplikasi tambahan, cukup dengan menggunakan CMD atau Command Prompt. Pada Windows 10, Anda bisa mengaktifkan CMD salah satunya dengan cara membuka kotak Run, lalu mengetikkan ‘cmd’ di kolom yang tersedia.

Setelah CMD muncul di layar, Anda bisa mengetikkan perintah berupa ‘slmgr /xpr’ lalu tekan tombol Enter. Jika Anda menggunakan Windows 10 asli, maka akan muncul kotak dialog yang di dalamnya tertulis ‘The machine is permanently activated’. Selain perintah ‘slmgr /xpr’, Anda juga bisa gunakan perintah lain seperti ‘slmgr /ato’, ‘slmgr /dli’, atau ‘slmgr /dlv’.

Akibat yang Ditimbulkan oleh Penggunaan Windows 10 Bajakan

Walau kesannya sepele, namun penggunaan Windows 10 yang tak asli atau bajakan bisa menimbulkan efek buruk, loh! Efek buruk yang masih terbilang ringan adalah tak bisanya Anda mengakses beberapa fitur yang tersedia di Windows 10 tersebut. Tentu saja ini akan membuat Anda tak bisa menikmati secara maksimal kecanggihan Windows 10 tersebut.

Efek yang lebih parah dari penggunaan Windows 10 bajakan ini adalah terancamnya keamanan data pribadi Anda. Laptop atau komputer yang Anda miliki pun jadi rentan untuk disisipi oleh program jahat. Anda bisa saja dirugikan secara moril maupun materil jika data pribadi Anda diakses dan disalahgunakan oleh pihak yang tak bertanggung jawab.

Cara cek keaslian Windows 10 begitu mudah, Anda bisa melakukannya dengan mengikuti langkah yang telah dipaparkan di atas. Jika sekiranya Windows 10 yang terpasang di laptop atau komputer Anda merupakan yang bajakan, baiknya segera diganti ke versi aslinya. Jangan sampai Anda merugi dulu karena pakai Windows 10 bajakan, baru berniat ganti ke yang asli.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *